Senin, 09 Januari 2012

Ternyata Kiamat 2012 dibatalkan...!!!


Isu kiamat tahun 2012 dipicu berakhirnya kalenderBangsa Maya yang akan jatuh pada tanggal 21-12-2012. Dikalangan ketururunan maya pun ada yang mempercayainya. mereka melakukan ritual untuk menyambut "kiamat" dan menyiapkan peti mati yang diisi barang kenangan. Namun Leonzo barreno ahli maya dari saskatchewan, kanada mengatakan konsep "kiamat" adalah interpretasi  salah dari kalender hitung panjang (long count).
Dosen University of Regina itu menambahkan, tetua bangsa Maya memberitahunya, 21-12-12 hanya bermakna sederhana, pergantian kalender baru.
Barreno, yang berimigrasi ke kanada dari guatemala 23 tahun yag lalu dilatih khusus oleh tetua Bangsa Maya untuk membaca kalender. "ada dua sisi kisah yang berlawanan," kata dia."Disatu sisi, kalender ini dihubungkan dengan datangnya kiamat. Lainnya adalah dari vesi suku maya, yang jarang anda jumpai dimedia. Sebab, mereka (wartawan) tak pernah mewawancarai kami, orang Maya." 

Bahkan, dia orang Maya hanya terlihat  lima detik dalam Film "2012" yang dibintangi Jhon Cusack. Padahal film itu didasari apa yang diklaim sebagai prediksi Bangsa Maya.
"Saat aya tumbuh dewasa dikalangan Bangsa Maya, juga selama pelatihan, saya tak pernah mendengar kata "kiamat" dari para tetua dan pemimpin spiritual."
Bagi bangsa Maya, Barreno menambahkan, 21-12-12 adalah momentum kegembiraan, bukan sesuatu yang menakutkan. "Inisesuatu yang klise," kata dia kepada CBC. "Ini pernah terjadi sebelumnya, menurut para tetua Maya, ini adalah kali kelimanya terjadi."
Untuk diketahui, Prasasti Bangsa Maya diTurtuguero, Meksiko dianggap menenyampaikan, Bolon Yokte dewa yang berhubungan dengan perang dan dunia bawah akan turun pada 2012
Namun senada dengan Barreno, ahli Maya dari Jeramn mengatakan persepsi "kiamat" keliru. Ia yakin, 21-12-12 hanya soal pergantian kalender yang berusia 5.125 Tahun.
A[palagi seperti yang diyakini Bangsa Maya, Bolon Yokte adalah figur yang terkait dengan perubahan. Bangsa keturunan Maya yang juga  menepis prediksi Kiamat, dan menyebutnya sebagai Ide Barat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar