Minggu, 01 Januari 2012

Mungkinkah Ponsel Dioperasikan Dengan Pikiran?...


Mungkinkah Ponsel Dioperasikan Dengan Pikiran?... 


Bagi kita Jawabannya bisa ya bisa tidak. Tapi ya bagi Raksasa teknologi IBM. Perusahaan ini memprediksi bahwa lima tahun yang akan datang kita bisa mengoperasikan berbagai gadget seperti smartphone dan laptop denganpikiranCukup dengan memikirkan apa yang akan kita lakukan, maka smartphone dan laptop akan mengikuti perintah.
Saat ini Para ilmuwan memang tengah berlomba menyempurnakan teknologi pembaca pikiran, termasuk IBM yang akan membuatnya lebih mudah digunakan. Sebagai misal, IBM ingin agar nantinya pengguna ponsel cukup memikirkan menelepon seseorang dari pada harus menekan sederet nomor untuk melakukan panggilan.
Memang terdengar hanya ada dalam dunia hayal dan serasa imposibble. Tapi seperti dikutip dari The Los Angeles Times, Rabu (21/12/2011), IBM berkeyakinan bahwa teknologi semacam ini akan digunakan nanti dalam kehidupan sehari-hari.
Begini katanya :
“Anda hanya harus memikirkan menelepon seseorang dan itu akan terjadi. Atau Anda bisa mengontrol kursor di layar komputer hanya dengan memikirkan ke arah mana kursor itu akan dipindahkan,” tulis laporan tersebut.
Semua ilmuwan di IBM dan perusahaan teknologi lain saat ini tengah giat merancang headset dengan sensor canggih yang bisa mengenali aktvitas elektrik yang dihasilkan otak. Alat ini pun bisa mengenali ekspresi wajah, tingkat konsentrasi dan pikiran seseorang.
“Dalam lima tahun lagi kita akan mulai melihat berbagai aplikasi pemula yang memanfaatkan teknologi ini, mulai dari gaming hingga industri hiburan,” yakin IBM.
Disebutkan IBM, dunia medis pun bisa menuai manfaat dari teknologi pembaca pikiran untuk menguji pola otak. Cara ini sangat membantu dalam merawat penderita stroke, cacat otak dan autisme.
Informasi ini benar benar sebuah terobosan di bidang tehnologi. Yang kita khawatirkan jika benar-benar terjadi, maka jangan-jangan nanti pikiran kita bisa mengontrol Gadget milik orang lain. Dan akan terbentuk kejahatan baru dalam dunia tehnologi. Luar biasa ramainya dan luar biasa serunya jika seseorang bisa menguasai Gadget milik orang lain khan…! Ya1, kita tunggu saja. Semoga tehnologi akan menjadi bermanfaat bagi kehidupan manusia bagaimanapun bentuknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar